Ø Pelanggan Adalah orang yang menuntut kita (perusahaan kita) untuk memenuhi standar kualitas tertentu, karena itu akan memberikan pengaruh kepada performance kita (persahaan kita).
Ø Jenis pelanggan :
- Pelanggan Internal, yaitu pelanggan yang ada di dalam perusahaan itu sendiri ex: masing-masing unit.
- Pelanggan Antara, yaitu perantara antara produsen dengan konsumen (distributor).
- Pelanggan Eksternal, yaitu pelanggan di luar perusahaan yang secara langsung menggunakan produk perusahaan.
Ø Pelanggan menurut LL Bean, Freeport, Maine :
· Pelanggan adalah orang yang tidak bergantung kepada kita (perusahaan kita), tetapi kita lah yang bergantung kepadanya.
· Pelanggan adalah orang yang membawa kita kepada keinginannya. Tidak ada seorangpun pernah yang menang beradu argumentasi dengan pelanggan.
· Pelanggan adalah orang yang teramat penting yang harus kita puaskan.
Ø Faktor yang mempengaruhi persepsi dan ekspektasi pelanggan
· Kebutuhan dan keinginan.
· Pengalaman masa lampau.
· Pengalaman dari teman.
· Komunikasi melalui media iklan dan pemasaran.
Ø Kepuasan pelanggan dapat diasosiasikan sebagai keadaan dimana kebutuhan, keinginan, dan harapan pelanggan dapat terpenuhi melalui produk yang dikonsumsi.
Z = X/Y
Z : kepuasan pelanggan
Y : kebutuhan, keinginan, dan harapan pelanggan
X : kualitas yang dirasakan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar